Strategi Pemasaran Produk UKM Ditengah Darurat Corona

0
48

Penyebaran wabah Corona Virus Disease(Covid-19) tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat namun juga merubah kondisi pemasaran. Adanya perubahan perilaku konsumen merubah semua aspek bisnis dalam melakukan pemenuhan. Tidak hanya promosi dan penjualan, namun juga pada perumusan produk dan bagaimana produksi dilakukan.  Tentu saja hal ini akan mempengaruhi strategi pemasaran pelaku usaha kecil menengah. Oleh Karenanya untuk saat ini dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengatasi usaha mikro di tengah darurat pandemi global Covid-19.

 Penyebaran Virus Covid-19 yang cepat, membuat pelaku usaha harus kreatif merusmuskan strategi. Jika tidak, maka bisnis akan menderita. Namun sebagian bisnis selama pandemi Covid-19 justru meningkat, karena produk yang dipasarkan sudah sesuai dengan kebutuhan, sedangkan yang lainnya harus berjuang untuk tetap bertahan untuk mendapatkan keuntungan .

Dengan kondisi demikian pebisnis harus memikirkan kembali upaya apa yang akan dilakukan agar usaha binis yang dilakukan tetap bertahan dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang jitu. Kurtz mengatakan, strategi pemasaran merupakan program yang menyeluruh dari perusahaan dalam upaya menentukan target market, serta untuk memuaskan konsumen.Dalam bidang manajemen, definisi mengenai strategi cukup beragam dan bervariasi dari beberapa ahli dan pengarangnya. Gerry Johnson dan Kevan Scholes (dalam buku “Exploring Corporate Strategy”) misalnya, mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah, untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pihak yang berkepentingan. 

Sedangkan Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Dengan demikian strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Berikut adalah strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran produk UKM  selama darurat Covid-19 atau Corona :

  • Pemasaran Berbasis Komunitas 

Yaitu, dengan memanfaatkan nilai-nilai sosial yang ada.  Dalam kondisi isolasi diri, masyarakat lebih banyak memanfaatkan sosial media untuk pemenuhkan kebutuhan, hal ini merupakan  peluang bisnis yang tidak dapat di abaikan. Media yang digunakan adalah komunikasi digital yang merupakan pilihan paling efektif dan efisien untuk berkomunikasi dengan komunitas. Pendekatan yang dilakukan juga sesuai situasi yang sedang berkembang di tengah masyarakat. 

  • Berikan Garansi Pada Produk/Jasa

Selama pandemi Covid-19, konsumen cenderung mempertimbangkan dan membeli produk yang memiliki banyak manfaat, aman dan terjamin. Oleh karena produk yang ditawarkan hendaknya sesuai spesifikasi yang dibutuhkan, aman dan menawarkan kemudahan layanan purna jual. Secara tidak lansgung akan membantu meyakinkan konsumen, bahwa dengan membeli produk anda, mereka merasa aman.

  • Gunakan Marketing Internet

Untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara maksimal marketing internet sangat efisien di tengah darurat Corona. Banyak hal yang dapat di informasikan kepada pelanggan, baik terkait discount, stok produk, pengiriman barang, dan seterusnya. Layanan purna jual terkait produk juga dapat dikomunikasikan menggunakan media online dan pendekatan ini penting agar pelanggan merasa diperhatikan  dan aman selama kondisi darurat Covid-19.

  • Buatlah Promosi yang Tepat 

Dengan mempertimbangkan krisis Virus Corona, gunakanlah promosi pemasaran yang berkaitan dengan kesehatan, baik pencegahan atau keamanan lainnya. Dapat dipertimbangkan juga penawaran kemudahan akses baik proses transaksi, delivery dan sejenisnya, karena promosi semacam ini dapat menarik perhatian konsumen. Tambahkan pesan terkait topik yang sedang terjadi dalam promosi, karena konsumen biasanya tertarik membeli produk sesuai manfaat yang didapatkan.

  • Produk yang Ditawarkan Sesuai Kebutuhan

Covid-19 adalah wabah bersekala Internasional, maka pelanggan akan mencari info terkait wabah tersebut dan membeli produk yg terkait dengan pencegahan atau pengobatan Virus Corona, agar dapat melindungi diri dari penularan. Ini menghadirkan peluang bagi beberapa sektor bisnis UKM. Pelaku usaha dapat merumuskan produk sesuai kebutuhan dan menetapkan harga yang bervariatif .

  • Berikan Disccount 

Discount yang ditawarkan tentu saja sesuai dengan biaya produksi dan operasional. Pelaku UKM juga dapat menawarkan penjualan secara bundling yaitu penawaran Dua item produk sekaligus dan memberikan discount.

  • Jangan Lupa Berinovasi dan Berkreatifitas.

Inovasi dan kretifitas menjadi salah satu hal penting agar bisnis tetap surviveditengah wabah Covid-19 saat ini. Sebagai seorang pebisnis dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan bertindak kreatif dengan mengikuti kondisi pasar. Perlu diketahui bahwa inovasi adalah kemampuan mencari solusi kreatif terhadap masalah dan peluang yang sedang dihadapi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide segar dan cara baru untuk menghadapi masalah dan peluang dalam bisnis. Produk yang dipasarkan hendaknya sesuai dan ada hubungannya dengan krisis yang sedang terjadi.

  • Tawarkan Proses Transaksi yang Fleksible

Dengan konidisi Pandemi Covid-19 konsumen lebih banyak melakukan kegiatan di dalam rumah. Sehingga sangat tidak mungkin berkunjung ketoko  untuk memilih produk barang dan jasa. Berkaitan dengan pembayaran, berikan akses kemudahan bayar non-tunai, transfer atau dapat dibayar di rumah setelah produk sampai. 

Selain strategi di atas, pelaku UKM juga perlu memperhatikan perputaran keuangan, membuat rencana ulang kebijakan jika strategi yang sebelumnya tidak maksimal dan memastikan kondisi stok produk tercukupi. Selalu melakukan kordinasi dengan team penjualan saat hendak melakukan strategi pemasaran  jangka pendek dan jangkap panjang juga penting untuk dilakukan, hal ini untuk mengantispasi kendala yang bisa muncul kapan saja terkait dengan peraturan pemerintah dan penyebaran Virus Corona. Demikian ulasan strategi pemasaran selama darurat Corona semoga bermanfaat. 

Ulasan ini ditulis oleh: Hendra Atmaja 
Mahasiswa Magister Manajemen 2020 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman 
Purwokerto – Jawa Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here