Sebelum Tergelincir, Susi Air Sempat Berputar di Udara Empat Kali

0
88

MALINAU – Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dikabarkan segera mendatangi Desa Binuang, Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa (18/12/18). Tim KNKT terdiri dari 2 orang, yakni Capt Chaerudin dan Sigit Sasono yang datang langsung dari Jakarta, yang nantinya akan didampingi pihak managemen maskapai Susi Air, yakni Masaru Kawashima beserta Engineer pesawat.

Kedatangan mereka untuk menyelidiki insiden tergelincirnya pesawat perintis jenis Pilatus, milik maskapai Susi Air, di sisi kiri runway bandara Binuang, pada Senin (17/12) sore lalu, sekitar 07:00z atau Pukul 15.00 Wita. Saat kejadian, Pesawat dengan kode registrasi PK-VVW, yang dikemudikan pilot Thomas De Carte, sebelumnya berangkat dari Bandara Kol RA Bessing, Kabupaten Malinau membawa 3 orang penumpang laki-laki dan 3 orang penumpang perempuan, dengan total muatan mencapai 450 Kg.

“Sebelum mendarat, pesawat sempat berputar sebanyak 4 kali di kawasan udara bandara, untuk memastikan kondisi runway. Karena 20 menit sebelum kejadian 14:40 Wita di bandara sempat hujan lebat,” jelas Kepala Unit Air Nav Long Bawan, Christian Phillipus kepada KalimantanTv.com

“Setelah memastikan kondisi landasan, pilot kemudian ingin mendaratkan pesawat dari sisi Selatan. Karena landasannya masih tanah dan habis hujan. Makanya landasan menjadi sangat licin,” sambung Christian.

Saat ini pesawat telah dievakuasi dari lokasi kejadian, untuk memudahkan pesawat lainnya mendarat di bandara. “Sudah dipindahkan dibantu warga setempat. Karena Ada pesawat lain yang mau mendarat, Pesawat MAF (Missionaris Aviation Flight). Soalnya bandara di sana (Binuang) panjangnya hanya 630 Meter dan lebarnya 23 Meter,” terang Christian lagi.

Akibat insiden ini pesawat mengalami kerusakan pada bagian sayap kiri dan sayap belakang. Seluruh penumpang dipastikan selamat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (san)

Foto: Istimewa for KalimantanTV.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here