Proyek Multiyears di Kota Samarinda Mulai Berjalan Di Tahun 2022

0
5

Kalimantantv.com – Wakil Ketua I DPRD Samarinda, Helmi Abdullah menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Samarinda tahun 2022 akan memulai  proyek infrastruktur dengan skema Multi Years Contract (MYC).

Proyek skema Multi Years Contract (MYC) membutuhkan pembiayaan hingga ratusan miliar rupiah, dikarenakan ada dua proyek besar termasuk yang meliputi penanganan banjir dengan pembangunan beberapa kolam retensi dan pembangunan terowongan Gunung Manggah.

“Dua usulan itu juga akan ditopang kekuatan anggaran daerah, namun kita pastikan jumlah APBD Samarinda yang masuk tidak akan besar,” Ujar Helmi.

Wakil Ketua I DPRD Samarinda, Helmi Abdullah menjelaskann dewan akan mengawal proses pelaksanaan proyek tersebut. Pada pengesahan APBD tahun 2022 akhir November lalu, besar anggaran kota Samarinda yang diputuskan sebesar Rp 2,6 Triliun.

“Dari pemerintah kota pasti ada presentase nya, maka nanti akan kita sepakati berapa besarannya dari provinsi, dari pusat juga akan diusahakan, dan APBD Samarinda yang dipakai berapa,” ujar Helmi.

Dengan skema pembangunan infrastruktur Multi Years, maka proyek infrastruktur yang dibangun akan dibiayai dalam beberapa tahap setiap tahun nya. Jumlah anggaran belum termasuk dengan bantuan keuangan dari pemerintah provinsi yang juga akan digunakan untuk menunjang proyek penanganan banjir di kota Samarinda melalui program MYC.

Skema itu direncanakan akan berjalan hingga tahun 2024 untuk dua sub proyek yang akan dibangun di Samarinda.

“Kita akan tunggu kepastian nya, kita harap juga 2022 ini sudah mulai berjalan agar cepat selesai dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Helmi (ist/ktv/ym*le)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here