Pemkot Samarinda Diharapkan Berikan Solusi Terkait Permasalahan PPG di Kota Samarinda

0
4

Kalimantantv.com – Ketua komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti soroti banyak guru di kota Samarinda yang belum mendapatkan sertifikasi Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ketua komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti menjelaskan bahwa berdasarkan laporan yang diterima pihaknya saat melakukan hearing dengan perwakilan guru SD dan SMP di Kota Samarinda, bahwa beberapa di antaranya mengalami kendala seperti u guru yang sudah lulus tes sertifikasi tapi belum dipanggil oleh universitas yang ditunjuk, kemudian keterbatasan kuota tes sertifikasi yang juga menyebabkan tidak semua guru bisa mendapatkan sertifikasi sekaligus.

“Kalau banyak guru yang berstatus ASN namun tidak lulus sertifikasi akan menunjukkan bahwa di Samarinda belum lulus kompetensi mengajar, sehingga kualitas pendidikannya patut dipertanyakan,” ujar Puji.

Puji berharap para guru tetap tidak patah semangat dan putus asa dalam mengemban tugasnya sebagai pendidik serta pemkot bisa memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi para guru.

“Saya minta mereka tidak putus asa dan tetap berada di jalurnya, masukan itu tentu akan kami tampung untuk selanjutnya kita sampaikan rekomendasinya kepada pemerintah,” ujarnya.

Puji menambahkan  guru-guru  tetap melaksanakan tugas sebaik-baiknya, sementara terkait permasalahan sistem, anggota dewan akan membahsnya bersama pemerintah.

“Karena sertifikasi ini dikaitkan dengan kesejahteraan, kalau mereka tidak memiliki sertifikat otomatis standar mutu pendidikan di Samarinda tidak bisa tercapai,” pungkasnya (ist/ktv/ym*le)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here