Peduli Lingkungan, PSI Kaltim Soroti Sungai Karang Mumus dan Pertambangan

0
123

Samarinda – Partai Solidaritas Indonesia Kalimantan Timur menunjukan kepeduliannya lewat program peduli lingkungan, salah satunya dengan menyoroti Sungai Karang Mumus (SKM) yang merupakan anak Sungai Mahakam.

Diketahui, Sungai Karang Mumus saat ini tidak lagi layak digunakan akibat pencemaran limbah rumah tangga yang melebihi ambang normal.

PSI Kaltim mengajak masyarakat khususnya yang berada di sekitar Sungai Karang Mumus untuk peduli dan menjaga bersama Sungai Karang Mumus menjadi sumber berbagai aktivitas.

“Sungai ini harus di jaga, karena Sungai Karang Mumus sumber mata pencarian. Dulu orang-orang tidak takut menggunakan air karang mumus,” kata Juru Bicara PSI Kaltim Didit Hariadi saat ditemui di kantor PSI Kaltim, Jalan Anggur Samarinda, Selasa (26/02/19).

Didit juga menambahkan, pemindahan dan merolokasi masyarakat disekitar karang mumus oleh pemerintah bukan solusi yang terbaik, namun bagaimana membangun edukasi dan membalik pola pikir masyarakat dengan merubah toilet ke belakang dan ruang tamu di pinggir sungai.

“Jadikan Sungai Karang Mumus tempat pariwisata, ini tidak ada persoalan dan saya rasa mereka mau kok,” jelas Didit.

Selain Sungai Karang Mumus, PSI Kaltim juga menyoroti kerusakan lingkungan akibat pertambangan batu bara.

Wakil Ketua DPW PSI Kaltim, Vanessa Rosalie mengajak masyarakat untuk tidak berkonsentrasi di pertambangan, karena 20 sampai 30 tahun kedepan akan habis dan lenyap.

“Kalau kita berpikir konsentrasinya di pertambangan dan tidak memikirkan kegiatan lain seperti pertanian da pariwisata, maka kita akan ketinggalan jauh dan mengalami kemiskinan cukup besar ketika itu semua selesai,” tambah Vanessa.

Menurutnya, kita cuma menikmati sebagian kecil dari hasil tambang tersebut, lalu untuk apa dipertahankan dan tidak memikirkan suatu yang terjadi kedepan.

PSI Kaltim mendorong masyarakat untuk memperbaiki lingkungan dan potensi apa yang dikembangkan. Tidak hanya pemerintah, tapi masyarakat juga harus sadar memelihara lingkungan, karena lingkungan bersih dan sehat itu bukan cuma berdampak kepada pemerintah tapi berdampak seluasnya bagi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here