Kualitas Kebijakan Pemkot Wujudkan Samarinda Menjadi Pusat Kota Peradaban

0
4

Kalimantantv.com – Kegiatan hasil finalisasi report hasil Pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, Joha Fajal dan dibuka oleh Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi. Sebelumnya tim peneliti yang berasal dari Universitas Mulawarman telaah bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Samarinda.

Dr. H. Rusmadi mengatakan bahwa riset harus dengan memberi perhatian terhadap pelayanan dasar kepada masyarakat, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, ketentaramanketertiban dan juga ketertiban sosial.

“Karena visi Pemerintah Kota Samarinda dalam mewujudkan Samarinda menjadi Kota Pusat Peradaban, harus mampu diupayakan oleh semua pihak. Oleh karena itu, kebijakan yang dikeluarkan juga harus mendukung program perencanaan pembangunan, dan tidak hanya menyelesaikan masalah jangka pendek saja, melainkan juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa yang akan datang melalui pendekatan yang kolaboratif dan inovatif,” katanya.

Dr. H. Rusmadi juga menambahkan bahwa peningkatan daya saing menjadi salah suatu tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan Samarinda menjadi Kota Pusat Peradaban.

Tantangan tersebut, yaitu bagaimana reformasi birokrasi bisa berjalan berjalan secara berkesinambungan dan bisa meningkatkan kualiatas kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Samarinda. Beliau juga mengatakan bahwa rendahnya kualitas kebijakan akan akan memberi dampak negatif terhadap penerima kebijakan itu. (ist/ktv/ym*le)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here