Komisi IV DPRD Samarinda Himbau Orang Tua Awasi Anak Bermain Petasan

0
1

Kalimantantv.com – Deni Hakim Anwar yang merupakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda meminta agar orang tua melakukan pengawasan kepada anak-anaknya untuk tidak bermain petasan dan sejenisnya saat ibadah dijalankan pada masa Bulan Ramadhan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Larangan bermain petasan atau pun sejenisnya  untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan,  mengingat setiap tahunnya selalu ada kasus kecelakaan akibat bermain petasan,” katanya

Selain itu, ia juga meminta agar adanya pengawasan orang tua bagi anak-anak yang masih sekolah untuk tidak terlibat dalam hal-hal seperti balap liar, tawuran, hingga keributan ketika membangunkan sahur.

“Jadi jangan sampai yang niatnya membantu membangunkan warga untuk sahur malah jadi mengganggu orang lain,” tegasnya.

Ia juga mengibaratkan beduk sahur dan menyalakan muasik yang tak pantas tidak boleh terjadi karena pada hakikatnya kegiatan di Bulan Ramadhan mengedepankan unsur keagamaan dan norma-norma yang dianut masyarakat. Terlebih mengenai balap liar yang menurut Deni perlu diawasi karena dapat membahayakan keselamatan diri pelajar yang bersangkutan.

“Mungkin nanti dibuatkan kejuaraan  untuk mendukung serta menyalurkan bakat dan kreativitas  mereka  sebagai bentuk dukungan terhadap mereka,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 04 Tahun 2022, Kementerian Agama melarang masyarakat untuk melakukan takbir keliling demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan raya. Sehingga perlu diberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai surat edaran tersebut. (ist/jw-kk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here