Komisi III DPRD Samarinda Rencanakan Pansus Penanganan Banjir

0
4

Kalimantantv.com – Komisi III DPRD Samarinda melakukan kunjungan lapangan kebeberapa perusahaan tambang di kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Setelah melakukan tinjauan tersebut pihaknya merencanakan untuk membentuk panitia khusus penanganan banjir.

Angkasa Jaya Djoerani selaku Ketua Komisi III DPRD Samarinda mengungkapkan bahwa pembentukan pansus ini terkait dengan dampak dari pertambangan dan pengembangan perumahan. Ia menilai bahwa kegiatan pembukaan lahan ini lah yang menjadi sumbangan banjir di kota Samarinda.

“Pansus akan kita buat setelah kita meninjau ke kawasan perumahan, pembukaan lahan memiliki sumbangan terhadap banjir karena mengurangi daerah resapan air,”ungkapnya.

Angkasa juga menjelaskan bahwa penyebab masalah timbulnya banjir harus diteliti terlebih dahulu, karena masyarakat yang selalu menyalahkan pertambangan sebagai dampak penyebab banjir. Padahal masih banyak faktor penyebab lainnya seperti pembangunan perumahan dan kepentingan lainnya. Jika pansus tersebut jadi dibentuk maka akan ditinjau regulasi yang ada.

“Kita akan buat pansus nya setelah masa reses, kita akan kaji seluruh regulasi yang berkaitan dengan dampak lingkungan termasuk tentang Perda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah kota Samarinda,” tutupnya. (ist/ktv/ym*le)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here