Komisi III DPRD Samarinda Kunker Perdana ke Solo, Ini yang Dibahas

0
41

Samarinda, Kalimantantv.com – Kunjungan Kerja (Kunker) perdana, Komisi III DPRD Samarinda periode 2019 -2024 membahas mengenai sharing regulasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Kegiatan Kunker berlangsung selama 21 – 23 Oktober.

Wakil Ketua Komisi III, Samri Shaputra, menjelaskan kunker ini dilaksanakan guna mempelajari tentang regulasi parkir di tepi jalan umum.

“Hari ini kami lakukan hearing dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Agendanya berbicara tentang parkir pinggir jalan dan regulasinya,” kata Samri, Selasa (22/10/2019).

Sesuai dengan hasil hearing dengan Dishub Solo, Samri menuturkan bahwa, parkiran kendaraan di beberapa daerah telah menerapakan sistem parkir kendaraan wilayah park and ride (kantong parkir). Sistem kantong parkir ini efektif untuk mengurai kemacetan di tepi jalan.

“Yogyakarta dan Solo telah menerapkan sistem parkir menggunakan kantong parkir,” ungkap Samri.

Menurutnya, sistem penerapan kantong parkir ini telah berhasil mengurai kemacetan sekaligus juga dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Pemberlakuan sistem kantong parkir ini harus diterapkan di Samarinda, dan diperkuat dengan Perda, sehingga kekuatan hukumnya jelas. Karena ini juga untuk meningkatkan PAD sekaligus mengatur agar tak ada lagi pengendara yang memarkirkan kendaraanya di sembarang tempat,” jelasnya.

Politisi PKS ini mengharapkan, pembangunan sistem kantong parkir dapat di berlakukan di Samarinda untuk menghindari kemacetan dan memberantas parkir liar, sehigga  Samarinda tidak lagi mendapat gelar sebagai Kota Parkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here