Komisi II DPRD Kota Minta Pemkot Lakukan Pengawasan Pasca Perizinan Berdagang

0
4

Kalimantantv.com – Pemerintah Kota Samarinda akhirnya memberikan izin kepada para pedagang kaki lima untuk kembali berjualan di kawasan Tepian Mahakam. Kali ini kawasan jualan telah ditata dengan baik oleh Pemkot Samarinda dengan bekerja sama dengan Bank Kaltimtara dengan menyediakan rombong untuk para pedagang agar lebih rapi dan selaras.

Menanggapi langkah dari Pemkot Samarinda, Laila selaku anggota Komisi II DPRD Samarinda meminta kepada Pemkot Samarinda untuk dapat mengelola kawasan Tepian Mahakam yang dimana merupakan RUang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa dikelola dan ditata kembali.

Ia juga menyebutkan bahwa ini bisa menjadi kesempatan untuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Samarinda, khususnya pada hal parkir. Ia menyatakan bahwa pungutan retribusi parkir di kawasan Tepian Mahakam harus berada langsung di bawah kepengawasan Pemkot Samarinda guna menghindari kebocoran PAD dan adanya pungli dari pihak dan oknum tidak bertanggung jawab.

“Kalaupun ingin berkerjasama dengan pihak ketiga, harus jelas dari sisi pembagiannya. Jangan sampai keduluan pungli oleh oknum-oknum yang mencari kesempatan. Preman-preman kan, biasanya begitu,” jelasnya.

Ia juga berharap agar Pemkot Samarinda dapat melakukan pengawasan secara berkelanjutan karena Samarinda masih menyandang PPKM level II dan pengawasan ini juga  sebagai sebuah langkah  dalam pengamanan preman, anak jalanan, gelandangan dan pengemis. Hingga diperlukan adanya Satpol PP yang dapat mengawasi area kuliner tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here