Komisi I DPRD Samarinda Jelaskan Tugas Pansus Aset

0
6

Kalimantantv.com – Komisi I DPRD Samarinda lakukan pengawasan terhadap aset-aset Pemerintah Kota atau Pemkot Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya telah berperan melakukan pengawasan terhadap aset Pemkot Samarinda.

Panitia Khusus (Pansus) aset Pemkot Samarinda dibentuk oleh Komisi I  DPRD Samarinda pada awal  bulan Juli 2021 lalu.

Pansus pun telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan 59 Lurah terkait pendataan aset Pemkot Samarinda yang berada di setiap kelurahan.

“Agar mereka memberikan data, apakah itu sifatnya berupa aset bergerak atau yang tidak. Apakah aset tersebut sudah tersurat atau belum tersurat,” ujarnya

Hasil pertemuan yang dilakukan ada banyak hal yang dilaporkan dari Lurah terkait aset di wilayah-wilayah kelurahan. Di antaranya yang ada di Kecamatan Palaran, yakni Kelurahan Handil Bakti, di sana ada 69 titik aset milik Pemkot Samarinda akan tetapi belum memiliki dokumen.

Temuan seperti itu akan diproses oleh instansi terkait yaitu Dinas Pertanahan, memberikan rekomendasi ke Pemkot Samarinda agar segera mensertifikasi aset – aset yang ada di Handil Bakti tersebut.

“Kalau itu tidak dilakukan yah tidak bisa. Jadi seluruh laporan dari kelurahan yang belum mempunyai dokumen akan dilaporkan ke dinas terkait untuk membuat dokumennya mengingat  selama ini banyak tanah Pemkot digunakan oleh masyarakat, tetapi tidak ada penghasilan, itulah yang mau kita dorong ” pungkasnya

Sebenarnya aset-aset tanah juga bisa memberikan tambahan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) apabila dikelola dengan benar. (ist/jw-kk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here