DPRD Kota Samarinda Resmikan Budidaya Ikan Nila Seluas 6.000 Hektar

0
5

Kalimantantv.com – Tempat budidaya komiditi ikan nila mempunyai luas 600 hektar. Selain itu, terdapat kurang lebih 400 keramba yang dimiliki oleh dua kelompok budidaya ikan (Pokdakan) dan dikelola masyarakat telah diresmikan.

Pengelola ikan yang dominan adalah masyarakat Samarinda yang memiliki latar belakang berbeda, yakni pegawai negeri, pensiunan karyawan, dan sebagian masyarakat yang mengalami PHK akibat pandemi. Sementara itu, pondakan yang mengelola perikanan, yaitu Pokdakan Panorama Sejahtera Abadi yang khusus mengelola ikan yang dapat dikonsumsi, dan Pokdakan Sahara khusus untuk ikan hias.

Terkait peresmian budidaya ikan kominiti ikan nila, Komisi II DPRD Samarinda, yakni H.Subandi, H.Fuad Fakhruddin, Fahruddin ,dan Abdul Rofik serta Wali Kota Samarinda, Andi Harun turut menghadiri acara peresmian budidaya komoniti ikan nila di Kota Samarinda yang terletak di Jalan Nusyirwan Ismail, Sungai Kunjang, Rabu, 1 Desember 2021 lalu. Andi Harun mengatakan bahwa kegiatan budidaya perikanan menajdi salah satu kegiatan masyarakat yang sesuai dengan visi yang telah diterapkan oleh Wali Kota, yaitu menciptakan 10.000 pengusaha UMKM baru di Samarinda.

“Pemerintah Kota Samarinda harus berkomitmen untuk menjadikan program budidaya perikanan sebagai program prooritas karena dampaknya sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Selain itu, Samarinda juga mempunyai potensi untuk jauh lebih berkembang dari saat ini,” kata Andi Harun saat peresmian budidaya ikan nila. (ist/ktv/ym*le)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here