DPRD Kota Samarinda Berikan Tanggapan Terkait Raperda OPD dan Kajian Akademik

0
4

Kalimantantv.com – Rencana perampungan birokrasi di tubuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akhirnya sampai pada pemaparan hasil kajian akademik.

Kajian akademik yang tengah dirampungkan tersebut dilakukan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang bekerja sama dengan Pemkot Samarinda.

Tujuannya kajian ini tak lain untuk melakukan penilaian dan penelitian terhadap evaluasi kelembagaan di lingkungan OPD Pemkot Samarinda.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, Joha Fajal. Ia menyampaikan bahwa dalam tahapan rancangan peraturan daerah (Raperda) kajian akademik memang menjadi hal yang mutlak disertakan untuk masuk dalam pembahasan. Rancangan peraturan daerah kajian akademik memang seharusnya disertakan dalam pembahasan, karena bersifat mutlak

Namun, anggota dewan fraksi Nasdem mengaku sampai saat ini wacana tersebut belum dibahas di DPRD Samarinda.

“Ini adalah wilayah dan kewenangan walikota dalam hal struktur dan kepegawaian, tetapi harus diperhatikan agar kelancaran pelayanan publik di OPD tidak terganggu,” jelas Joha.

Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda menyatakan, DPRD perlu mengkaji kajian ilmiah dan pembahasan lebih lanjut untuk menilai efektivitas dampak pengurangan OPD.

“Ya kajian akademik yang akan menjadi acuan kita untuk berdiskusi, tentunya jika seorang walikota yang mampu menilai perlu efisiensi,” tutupnya (ist/jw-kk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here