Dasmiah Inspirasi Kartini Masa Kini

0
69

KalimantanTV.com – Dr. Hj. Dasmiah, S. Pd. M. AP,  sedari kecil bercita-cita ingin menjadi guru. Kini Dasmiah berhasil menunjukkan kecintaannya terhadap dunia pendidikan dengan mewujudkan cita-citanya tersebut.

Kecintaannya terhadap dunia pendidikan membawanya ke jenjang yang semakin tinggi, dimulai dari karir awalnya dengan menjadi seorang guru di SMP Negeri 30 Desa Budaya Pampang Samarinda, hingga dipercaya sebagai kepala sekolah di SMPN 12 pada tahun 2006 sampai dengan 2009, dan melanjutkan kembali dengan mengepalai SMPN 7 dari tahun 2009 sampai tahun 2012.

Ia tidak berhenti dengan menjadi seorang guru saja. Perempuan yang lahir di Martapura pada tahun 1969 ini menorehkan banyak sekali prestasi. Dasmiah mengharumkan nama Samarinda dengan berhasil menjadi juara 1 Kepala Sekolah berprestasi di tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan di tahun yang sama Dasmiah juga berhasil menjadi juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat nasional.

Tidak hanya sampai disitu Dasmiah juga mampu membawa SMPN 5 Samarinda ke tingkat nasional sebagai sekolah pengelola dana Bosnas terbaik, dan juga di tahun 2015 ia menjadi perwakilan kepala sekolah berprestasi oleh Kemendikbud. Tak tanggung-tanggung, karena prestasinya, dasmiah dikirim ke Amerika Serikat untuk magang di Pitsburg University dan High Falley di Washington DC untuk memperdalam kurikulum sekolah pendidikan khusus untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus
Dasmiah adalah salah satu contoh membanggakan, sebagai cerminan Kartini masa kini dalam dunia pendidikan.

“Di Hari Kartini  ini harapan saya sebagai wanita,  teruslah berprestasi sesuai bidangnya masing-masing. Jadilah  wanita kebanggaan keluarga, anak dan suami. terus menjadi motivator dan inspirasi bagi semua.  Yang terakhir saya mengimbau pada semua wanita meski kita berkarir,  jangan lupa bahwa kita adalah seorang isteri dan seorang ibu bagi anak-anak kita. Maka upayakan selalu punya waktu untuk keluarga sesibuk apapun kita. Dan yang terpenting selalu kita berjalan dalam karir kita atas bimbingan Allah SWT. Jaya lah perempuan Indonesia dimanapun dan kapanpun selalu jadi inspirasi positif bagi semua,” tegasnya.

Selain prestasi pendidikan yang terus ditorehkan, Dasmiah juga berpartisipatif dalam organisasi-organisasi seperti menjadi wakil ketua PGRI Kota Samarinda, Sekretaris IKA FKIP UNMUL, Ketua Koperasi Alumni Unmul, Ketua IKA Prodi PPKN FKIP Unmul, bendahara Peramupadi Kaltim. Kemudian selama pandemi Covid-19 ini ia turut andil dalam TIM Sukarelawan Covid IKA UNMUL.
Dasmiah berhasil membuktikan bahwa peranan perempuan di masa kini sangatlah besar dalam dunia pendidikan. Kontribusi yang ia berikan sebagai wujud kecintaannya dalam dunia pendidikan juga banyak menginspirasi perempuan-perempuan di Indonesia. (Obi/dika/ktv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here