Begini Distribusi Logistik Pemilu di Bulungan

0
44

Begini Distribusi Logistik Pemilu Bulungan

TANJUNG SELOR, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulungan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, pada Jumat (08/02) siang, di ruang serba guna sebuah hotel di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Sebanyak 50 peserta dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bulungan, mendapat arahan langsung dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan, serta Polres Bulungan.

Ketua Bawaslu Bulungan, Ahmad SPi menuturkan, Bimtek kepada seluruh Panwascam Kabupaten Bulungan terkait distribusi logistik, perlu diadakan mengingat banyaknya kebutuhan pada pemilu serentak 2019 ini.

“Kita harapkan, seluruh peserta bisa memahami berapa dan apa saja kebutuhan saat pemilu nanti. Karena KPU sendiri menjelaskan, ketika pelaksanaan pemilu nanti ada logistik yang didalam kotak suara dan ada yang diluar,” terang Ahmad.

Terkait distribusi, dirinya menjelaskan bahwa pihak kepolisian yang langsung menangani mulai dari kedatangan hingga nanti kembali ke pusat setelah pemilu. “Mulai dari sortir surat suara, kelengkapan alat dan distribusi ke kecamatan hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), semua sudah direncanakan pihak kepolisian. Bahkan hingga nanti kembali ke KPU Pusat,” jelas Ahmad.

“Untuk penyaluran, KPU meminta H-3 seluruh kebutuhan logistik sudah ada di masing-masing kecamatan,” sambungnya.

Kondisi geografis Bulungan pun menjadi salah satu yang harus diperhatikan, mengingat beberapa daerah di Kota Ibadah ini tak semuanya bisa dijangkau menggunakan jakur transportasi darat.

“Untuk penyaluran yang lewat sungai, ada perlakuan khusus. Karena kotak suara berbahan dasar kardus, maka akan dibungkus plastik dan diberi pelampung. Menghindari adanya accident yang kemungkinan bisa saja terjadi,” tukasnya. (arm/san)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here