Bapenda Didorong Komisi II DPRD Samarinda Data Ulang Pajak Restoran

0
4

Kalimantantv.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) diminta Komisi II DPRD Samarinda untuk melakukan pendataan ulang restoran dan rumah makan di Samarinda. Hal tersebut diperlukan karena tiap tahun dan bulannya akan selalu ada restoran dan rumah makan baru yang tumbuh dan harus didata kewajiban pajaknya.

Novi Marinda Putri selaku anggota Komisi II menyatakan bahwa pendataan jumlah usaha restoran dan rumah makan harus didata secara berkala setiap bulan karena tiap bulannya akan ada restoran dan rumah makan baru.

Pada tahun 2021 diketahui bahwa pendapatan pajak daerah dari kategori pajak restoran dapat mencapai target dalam APBD senilai Rp 57 miliar. Meskipun demikian anggota komisi II tersebut berpendapat bahwa potensi pajak restoran dan rumah makan bisa lebih dari apa yang ada dalam data.

“Untuk itu kita mendorong OPD terkait segera melakukan pendataan ulang restoran dan rumah makan di Samarinda, agar dapat memaksimalkan pajak setiap tahunnya,” ujar Novi lebih lanjut.

Selain itu, adanya tapping box sebagai alat ukur pajak menjadi sorotan anggota dewan fraksi PAN karena terdapat beberapa alat ukur yang rusak hingga tidak dapat digunakan secara efektif. sehingga Novi sangat berharap pihak Bapenda mengawasi oknum pemilik usaha yang menyetorkan pajak dengan nominal yang tidak sesuai dengan ketentuan pendapatan.

Agar penerimaan pajak ke kas daerah dapat lebih optimal dan berlaku adil bagi seluruh masyarakat.

“Akhirnya ada beberapa restoran yang tidak mau dipasang tapping box, padahal itu hanya untuk mengukur saja, setiap 3 bulan baru dapat dilihat,” ujarnya. (ist/jw-kk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here