Banjir Terulang Lagi, Komisi III DPRD Samarinda Tuding Kegagalan Pemimpin

0
5

Kalimantantv.com – Banjir merupakan masalah yang sering  terjadi di kota Samarinda. Kali ini banjir merendam 4 kecamatan di beberapa wilayah kota Samarinda.

Anhar selaku Anggota Komisi III DPRD Samarinda berujar”Ini adalah suatu kegagalan pemimpin dalam mewujudkan visi misinya. Salah satunya adalah pemimpin kita di Samarinda. Karena dalam penanganan banjir ini bukannya berkurang,” Selasa (27/5/2020).

“Seharusnya saudara Walikota adakan audit kebijakan publik. Kita libatkan orang berkompeten yang independen. Karena tata ruang kita sudah rusak. Kondisi sosial kita juga banyak tempat kumuh. Bantaran Sungai Karang Mumus harus cepat direlokasi untuk mewujudkan kota ini bebas dari banjir dan layak huni,” ujarnya.

Lebih lanjut, politisi dari fraksi PDI Perjuangan ini meminta Walikota Samarinda Syaharie Jaang harus segera adakan audit kebijakan publik yang melibatkan orang-orang berkompeten agar melahirkan rancangan tata ruang wilayah RT dan RW yang baik.

“Saya juga tidak sepenuhnya menyalahkan Pemkot (Pemerintah Kota). Karena kekuatan dewan yang memiliki kontrol anggaran dan aturan juga harus membuat peraturan daerah.

Khususnya masalah tata ruang ini dan Pemkot harusnya maksimalkan anggaran untuk fokus menangani masalah banjir. Bukan kita barter dengan kepentingan pragmatis,” ucapnya.

Anggota  dewan sendiri juga harus serius dalam mengontrol anggaran dan membuat peraturan tata ruang kota.

Terakhir ia berpesan jangan jadikan kondisi banjir ini sebagai festival, yang mana berlomba-lomba untuk menghadiri dan memantau kondisinya.

“Itu kita serahkan saja kepada bidangnya, yang harusnya dilakukan itu bagaimana kondisi ini bisa tertangani,” kata Anhar. (ist/jw-kk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here