Anggota Komisi IV Pinta Rumah Sakit Tidak Tolak Pasien

0
5

Kalimantantv.com –  Beberapa waktu lalu, Rumah sakit AW Syahranie diinformasikan  menolak pasien yang datang. Mengetahui hal itu, anggota komisi IV DPRD Samarinda Deni Hakim Anuar melakukan konfirmasi dan setelah mengetahui bahwa informasi tersebut benar adanya, ia menyatakan dengan tegas jika bagaimanapun kondisinya, rumah sakit tidak boleh menolak karena itu memanglah kewajiban rumah sakit untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil diskusi, diketahui bahwa alasan Rumah sakit AW Syahrani menolak adalah dikarenakan bed occupancy rate yang cukup tinggi bahkan rumah sakit harus melakukan update per jam bukan lagi per hari. Karena dalam waktu satu jam akan ada beberapa yang sehat dan ada yang meninggal.

“Jadi mereka (rumah sakit) mengatakan memang full sekali. Kalau hanya sekedar menerima bisa, tapi tenaga kesehatan kurang, sama saja karena tidak ada pelayanan,” Deni mengkonfirmasi kepada media.

Deni juga menjelaskan bahwa pihak Komisi IV sangat mendukung rencana Walikota Samarinda dalam meningkatkan 30% fasilitas ruang inap dan juga fasilitas kesehatan lainnya yang menunjang. Meskipun demikian, tenaga medis juga harus turut ditambahkan.

Akan tetapi, ketika pihak rumah sakit membuka lowongan untuk tenaga medis respon yang diberikan masyarakat masih terbilang kurang. Karena masih banyak yang menanyakan biaya pay home dan ditambah lagi dengan informasi insentif nakes yang masih menunggak hingga saat ini.

“Karena banyak yang takut dan kedua kita bicara take pay homenya berapa?” jelasnya. “Nah inilah yang harus dicarikan solusi. Kita mesti apa? Selesaikan dulu,” ia melanjutkan.

Meski demikian, Deni menyampaikan bahwa Komisi IV DPRD Samarinda mengapresiasi usaha yang sudah dilakukan oleh Walikota dengan mencari jalan keluar melalui komunikasi dengan pihak perbankan.

“Karena kasihan juga nakes kita. Upah tidak seberapa tetapi menunggak sekian bulan,” Deni mengkritik. “Juga untuk keluar dari permasalahan ini bukan tanggungjawab pemerintah saja. Ayo bergandengan tangan menghadapi. Para pengusaha CSR dibangkitkan lagi, jadi kita semua maju dan hadapi bersama,” ajaknya. (ist/jw-kk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here